Presiden Jokowi Terima Kunjungan Partai Komunis Tiongkok

Hidayatullah.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Delegasi Menteri Departemen Internasional Komite Sentral Partai Komunitas Tiongkok di Istana Merdeka, Jakarta.

“Presiden Jokowi menerima Kepala Biro Hubungan Internasional dan Luar Negeri dari Partai Komunis Tiongkok yaitu Yang Mulia Song Tao dengan berbagai hal yang jadi topik utama pembahasan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Antara Rabu, (13/04/2016)

Ia mengatakan dalam pertemuan itu delegasi Tiongkok menyampaikan salam dari Presiden Xi Jin Ping.

Selain itu, kata dia, pertemuan itu juga mencerminkan keinginan kuat dari dua negara untuk meningkatkan persahabatan.

“Dan juga saling memberi manfaat keuntungan dua negara pada tingkat pemerintah, negara, dan partai,” katanya.

Dikutip laman Setneg, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir.

Pertemuan tersebut juga menyinggung kerja sama ekonomi, dimana selain proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, pemerintah Tiongkok juga ingin meningkatkan kerja sama di bidang sumber daya alam, energi, dan infrastruktur.
“Ada beberapa hal yang ditugaskan oleh Presiden kepada BUMN, kebetulan hadir Menteri BUMN dan Wamenlu untuk menindaklanjuti beberapa hal yang disampaikan pimpinan delegasi tadi,” ucap Pramono.

Pramono mengatakan, Song Tao juga akan melakukan kunjungan ke PDI Perjuangan.

“Karena (mereka) memang hadir dalam rangka memenuhi undangan PDIP,” kata Pramono yang juga salah satu kader PDIP itu.

Sang Tao merupakan orang yang bertanggung jawab langsung dalam hal hubungan internasional, luar negeri, dan persahabatan Partai Komunis Tiongkok.

Selain itu Sang Tao yang mengetuai delegasi itu secara khusus menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi agar hadir ke Summit G-20 di Han Zhao.

“Biasanya selama ini Presiden Jokowi hadir dalam acara G-20,” katanya.

Adapun perwakilan partai komunis China yang menemui Presiden Jokowi antara lain: Song Tao, The Minister of International Department of Central Comitte of Communist Party of China (IDCPC), Rao Huihua, The Deputy Director General of IDCPC, Peng Xiubin, The Conselor of General Office IDCPC, Du Ding Ding, The Division Chief of IDCPC, Cui Xiang, The Third Secretary of IDCPC serta Xie Feng, Chinese Ambassador to the Republic of Indonesia.*